-->

Instalasi Jaringan Warnet Browsing dan Game Online Berbasis Win XP dan ADSL Modem

author

riyadhul

Share Post



Kemampuan untuk melakukan Instalasi dan setting untuk sebuah Warung Internet (Warnet) selama ini dianggap hanya dimiliki oleh mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia IT Administrator seperti riyadhul  misalnya (lebay mode:on :D!). Dengan mematok biaya yang cukup lumayan mereka bersedia membantu kita dalam membangun sebuah Warnet yang hendaknya akan kita gunakan sebagai Unit Produksi. Ketidaktahuan tentang bagaimana sebuah sistem jaringan dapat berjalan lancar adalah alasan utama kita untuk terus menggunakan tenaga mereka. Pada panduan ini, riyadhul akan membahas instalasi dan setting untuk sebuah warnet yang memiliki 1 server & 18 client.
Cirebon Blogger Competition
Persiapan Hardware & Software
Hendaknya sebelum kita melaksanakan instalasi jaringan, terlebih dahulu kita mempersiapkan Hardware & software yang akan digunakan dalam jaringan tersebut. Beberapa langkah persiapan yang diperlukan adalah :

1. PC Server, spesifikasi minimal yang disarankan :

a. Hardware :

* MotherBoard : Kecepatan setara 3.00 Ghz untuk dual Core atau Athlon.
* Ram : 1 Ghz , dianjurkan 2Ghz
* Harddisk : 160 GB
* NIC / LAN Card : 10/100 Mbps
* DVD Writer
* UPS
* Stabilizer
* Printer dan Scanner

b. Software :

* OS (Winxp Pro/Home sp2)
* Microsoft office 2003/2007
* Acrobat Reader
* Nero
* winrar
* Antivirus
* Billing Server
* Browser (Mozilla, IE8, Opera dll)
* Utility dan Aplikasi lainnya bersifat tambahan, karena server fungsi utama hanya sebagai server billing.

2. PC Client, spesifikasi minimal yang disarankan :

a. Hardware :

* Processor Athlon X2
* Ram : 2 Ghz
* Harddisk : 160 GB
* NIC / LAN Card : 10/100 Mbps
* VGA (PCIEx) Min. 512mhz

b. Software :

* OS (Winxp Pro/Home sp2)
* Microsoft office 2003/2007
* Acrobat Reader
* Antivirus
* Billing Client
* Browser (Mozilla, IE8, Opera dll)
* Flash Player
* winamp
* winrar
* K-Lite
* Chatting tools (yahoo messenger, MiRC, dll)
* Games Online seperti : RF-Online, Ayodance, Point Blank, DOTA, dll
* Optional aplikasi sesuai kebutuhan.

3. Switch Hub

Merupakan alat yang digunakan untuk membagi/penghubung koneksi dari PC server ke PC Client. Switch Hub 16 Port atau 24 Port disesuaikan kebutuhan.


4. Modem ADSL
Modem adalah sebuah device yang digunakan sebagai penghubung dari sebuah PC atau jaringan ke Penyedia Layanan Internet (Internet Service Provider / ISP). Penggunaan Modem yang akan di bahas kali ini adalah modem jenis ADSL. Modem jenis ini biasanya digunakan oleh ISP Telkomspeedy. Untuk jenis modem ADSL itu sendiri bisa dipilih berdasarkan kebutuhan. Namun untuk hasil yang maksimal saya menganjurkan menggunakan merek Linksys ditambah dengan ekstra pendingin.

5. Kabel UTP dan RJ45
Kabel UTP adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan PC satu ke lainnya melalui Switch Hub, sementara RJ45 adalah konektornya yang dipasang di setiap ujung-ujung kabel UTP (yaiyalah..masa dipasang ditengah..).

Setting Sinkronisasi Antara PC Server dan PC Client
Setelah hubungan antara PC server dan koneksi internet dapat berjalan lancar langkah selanjutnya adalah sinkronisasi antara komputer server dan komputer client. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan :

a. Menampilkan Task Control System (Klik kanan icon My Computer lalu pilih properties)

b. Pada Tab Computer Name klik Change untuk mengubah nama komputer dan nama WorkGroup. Nama komputer sebaiknya diurutkan sesuai dengan nomor Clientnya untuk memudahkan kita mengingat masing-masing nama komputer, nama masing-masing PC tidak boleh sama. Namun untuk nama Workgroup harus lah dibuat sama untuk semua Client dan juga Server.



c. Setelah nama PC kita ganti langkah selanjutnya adalah mengganti Network ID atau setting IP untuk setiap PC agar tidak terjadi crash karena kesamaan alamat IP setiap PC, usahakan jangan setting IP dengan mode Automatic, karena ini akan memperlambat kinerja koneksi.